Perbedaan router mikrotik dengan router Cisco



Apa sih perbedaan router cisco dan mikrotik ?

hai sob, dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan perbedaan perangkat elektronik router yang berbeda merk yatu cisco dan mikrotik, mungkin kita heran padahal bentuknya itu sama, nah............. untuk itu saya akan menjelaskannya untuk kalian semua.

PENGERTIAN

Mikrotik merupakan sistem operasi yang termasuk di dalamnya perangkat lunak yang dipasang pada suatu komputer sehingga komputer tersebut dapat berperan sebagai jantung network, pengendali atau pengatur lalu-lintas data antar jaringan yang masuk maupun keluar, komputer jenis ini dikenal dengan nama router. 

Cisco merupakan sebuah peralatan utama yang digunakan pada jaringan yang luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan Cisco router, infformasi dapat diteruskan kealamat - alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router. 


LATAR BELAKANG 

Pada saat ini kita harus mengetahui apa saja perbedaan dari cisco dan mikrotik, karena pada saat kita membuat suatu jaringan kita harus paham dan mengerti apa kualitas, kelemahan serta kelebihan dari perangkat yang akan kita gunakan membuat suatu jaringan.


MAKSUD DAN TUJUAN
  • Mengetahui apa kelemahan dan kelebihan dari cisco dan mikrotik
  • Mengetahui pengertian cisco dan mikrotik

FUNGSI

  • Mikrotik 
mikrotik berfungsi untuk jaringan yang berskala kecil maupun bersekala besar hal ini tentunya disesuaikan pada resource daripada komputer itu sendiri.

  • Cisco
Cisco berfungsi sebagai penghubung antar dua jaringan atau lebih untuk meneruskan data dari satu jaringan kejaringan yang lainya.  router memiliki bagian-bagian yang mirip dengan PC.

 
PERBANDINGAN CISCO DAN MIKROTIK

Pada cisco terdapat beberapa jenis seri Router, semakin tinngi serinya semakin canggih dan lengkap fitur - fiturnya yang disediakan oeleh Cisco akan tetapi harganya juga semakin mahal.
Swicth dan router memiliki banyak persamaan kedua - duanya  sama memiliki RAM, ROM, NVRAM, falsh, CPU dan sama menyediakan port Console, Seperti halnya swicth, beberapa jenis router menyediakan fasilitas upgrade modul sehingga dapat menambah kemampuan.
Router juga dapat dioperasikan via CLI. Router menggunakan sistem operasi IOS. Jika kita sudah memahami prinsip dasar penggunaan perintah-perintah IOS maka kita tidak akan mengalami banyak hambatan ketika mulai belajar mengoperasikan router. 


sedangkan mikrotik routerOS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provder hotspot.
  

KESIMPULAN

Sebenarnya Cisco dan mikrotik mempunyai fungsi yang hampir sama, akan tetapi hanya berbeda pada fitur - fitur dan kecanggihannya. 

Oke Bro Sampe Disini dulu Ya Materi gue..

Kita Ketemu Lagi Dilain Materi Ya..

Good Bye Bro..



REFERENSI

  • http://ricobastiona.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-cisco-router-posted-by.html
  • http://www.mandalamaya.com/pengertian-mikrotik/
  • http://smartinfodunia.blogspot.co.id/2012/01/perbandingan-router-cisco-vs-mikrotik.html

Share:

0 komentar