Konfigurasi dasar mikrotik


pada kesempatan kali ini saya akan berbai ilmu tentang konfigurasi mikrotik melalui aplikasi winbox.

PENGERTIAN

Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer yang bertempat di latvia, bersebelahan dengan rusia. mikrotik didirikan pada pada tahun 1995 untuk mengembangkan router dan sistem ISP (internet service provider) nirbel. Mikrotik dibuat oleh MikroTikls sebuah perusahaan dikota Riga, Latvia. Latvia adalah sebuah negara pecahan dari negara uni soviet atau sekarang ini adalah Rusia. awalnya mikrotik ditujukan untuk perusahaan jasa layanan internet (PJI) atau internet service provider (ISP) yang melayani pelanggannya menggunakan teknologi nirkabel atau wireless.  

LATAR BELAKANG

Latar belakang saya mengkofigurasi dasar mikrotik dengan winbox  ini adalah saya ingin mempelajari sekaligus memahami bagaimana konfigurasi dasar mikrotik.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan saya ingin mempelajari konfigurasi dasar mikrotik ini dikarenakan masih jarang yang menjadi tekhnisi mikrotik didesa saya dan itu jadi peluang saya untuk bisa jadi tehnisi yang handal dan dapat juga menjadi peluang untuk menjadikan lapangan pekerjaan bagi saya.


PELAKSANAAN

1. Pastikan mikrotik sudah mendapat arus listrik dan tancapkan kabel UTP nya ( kabel yang terhubung ke PC di eth2).
2. buka aplikasi winbox dan  pastikan bahwa ip pc yang dipakai sama dengan alamat ip pada router. 
3. kemudian masuk menggunakan mac address karena kita belum mengkonfigurasi IP mikrotiknya kemudian connect.

4. kemudian kita akan masuk ke bagian awal winbox atau mikrotik kita pilih remove cofigurasi karena sebenarnya di mikrotik itu sendiri sudah terkonfigurasi dari pabriknya. setelah kita remove konfigurasi langkah selanjutnya adalah setting nama mikrotik dengan masuk ke menu system>identity (disini saya kasih nama LATIHAN) jika sudah memberi nama kemudian apply terus ok.

 

5. Setelah memberi nama mikrotik kemudian masuk ke menu interface dan beri masing masing eth dengan identitas atau nama masing-masing. Interfaces -> comment -> (beri nama setiap Eth-nya)

 

6.Dan terkhusus untuk  Eth Wlan1-nya yang ada di paling bawah kita aktifkan terlebih dahulu dengan meng-klik tanda centang(enable) dan jangan lupa kita beri nama.
 


7.Selanjutnya kita beri IP pada setiap Eth-nya kecuali wlan1 karena sudah mendapatkan IP otomatis dari sumber internet. IP -> Addresses -> Add,
Klik tanda (+) lalu isikan IP nya dan pilih pada Interface mana.Lalu Apply-OK.


8.Selanjutnya kita setting DNS nanti dapat terhubung ke internet disini saya menggunakan DNS dari BLC TELKOM. IP -> DNS -> (isi DNS dikolom server) Ini contohnya,jangan lupa centang Allow Remote Requests.


9.Selanjutnya kita setting DHCP client,Hal ini dimaksudkan agar kita mendapatkan IP otomatis dari sumber internet. IP -> DHCP Client -> Add.


10.Kita pilih Interface ang terhubung antara mikrotik dengan Sumber internet (wlan1).Lalu Apply-OK.


11.Selanjutnya kita setting NAT nya agar nanti kita dapat terhubung dengan internet dengan dilakukan test PING. IP -> Firewall -> NAT -> Add,
Di submenu General  Chain : srcnat ,out interface : wlan1


 12. Selanjutnya disubmenu Action : Masquerade lalu Apply-OK 

 

13.Lalu kita lakukan Test PING di terminal mikrotik kita.Klik menu New terminal. Kita test ping google. Jika ada kesalahan maka periksa kembali konfigurasi anda.
 

14.Selajutnya agar kita tidak perlu men-setting IP laptop kita secara manual nantinya untuk terhubung ke internet maka kita aktifkan DHCP Server. IP -> DHCP Server -> DHCP Setup, Nah pada interface nya kita pilih Eth berapa yang terhubung antara server(laptop) dan mikrotik.selanjutnya Next terus hingga succes.

15.Kita setting IP laptop kita menjadi Automatic (DHCP) artinya kita akan terkoneksi otomatis dengan internet melalui mikrotik tanpa harus mengatur IP secara manual. Selanjutnya kita Connet melalui Ethernet yang kita buat. Selanjutnya kita coba pada browser,maka tampilanya akan seperti ini.



KESIMPULAN

Hasilnya saya dapat menghubungkan mikrotik ke internet dan saya juga dapat terhubung ke internet melalui mikrotik saya walaupun masih menggunakan kabel LAN karena belum dibuat hotspot dan untuk teman-teman jika menggunakan Mikrotik dengan tipe yang berbeda tenang konfigurasinya tidak akan jauh berbeda. 

REFERENSI

 
-Ebook Mikrotik MTCNA


TERIMAKASIH
TELAH BERKUNJUNG
 
 

Share:

0 komentar