Pengertian mikrotik dan penjelasanya


Haii guys......!!!!!!!
Oke dalam artikel blog ini atau dalam kesempatan kali ini saya akan membagi ilmu tentang apa itu mikrotik, sejarah dan sistem level lisensi mikrotik. namun saya juga belum menguasai pemahaman level lisensi kerena masih belajar juga, oke langsung saja kita mulai pembahasaanya.


A.APA ITU MIKROTIK

Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer yang bertempat di latvia, bersebelahan dengan rusia. mikrotik didirikan pada pada tahun 1995 untuk mengembangkan router dan sistem ISP (internet service provider) nirbel. Mikrotik dibuat oleh MikroTikls sebuah perusahaan dikota Riga, Latvia. Latvia adalah sebuah negara pecahan dari negara uni soviet atau sekarang ini adalah Rusia. awalnya mikrotik ditujukan untuk perusahaan jasa layanan internet (PJI) atau internet service provider (ISP) yang melayani pelanggannya menggunakan teknologi nirkabel atau wireless. saat ini MikroTilks memberikan layanan kepada banyak ISP nirkabel untuk layanan akses internet dibanyak negara didunia juga sangat populer di Indonesia. Mikrotik sekarang menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian besar negara didunia. Produk hardware unggulan Mikrotik berupa Router, Switch, Antena, dan perangkat pendukung lainnya. Sedangkan produk Software unggulan Mikrotik adalah MikroTik RouterOS.


B.MIKROTIK ROUTEROS

Mikrotik routerOS adalah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk menjadikan sebuah komputer menjadi router network yang sanggat handal. mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ipnetwork dan jaringan wireless. fitur tersebut diantaranya:Firewall&NAT, routing, hotspot, PPTP, DNS server, DHCP server, dan masih banyak lagi. Mikrotik routerOS adalah sistem operasi linux base yang diperuntukan sebagai router network, didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui windows, selain itu installasinya dapat dilakukan pada standart komputer PC. PC yang dijadikan router tidak memerlukan resource yang cukup besar, untuk keperluan beban yang besar disarankan untuk menggunakan sumber daya yang besar.


C.MIKROTIK ROUTEROARD

Routerboard seperti sebuah pc mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard menggunakan os RouterOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server. Ada beberapa seri routerboard yang juga bisa berfungsi sebagai wifi. sebagai wifi access point, bridge, wds ataupun sebagai wifi client. seperti seri RB411, RB433, RB600. Dengan routerboard anda sudah bisa menjalankan router tanpa harus mengunakan PC. routerboard ukurannya lebih kecil, lebih kompak dan hemat listrik karena hanya menggunakan adaptor. untuk digunakan di jaringan wifi bisa dipasang diatas tower dan menggunakan PoE sebagai sumber arusnya.


D.SISTEM LEVEL LISENSI MIKROTIK

Mikrotik bukanlah perangkat lunak yang gratis jika anda ingin memanfaatkannya secara penuh, dibutuhkan lisensi dari MikroTikls untuk dapat menggunakanya alias berbayar. Mikrotik dikenal dengan istilah Level pada lisensinya. Tersedia mulai dari Level 0 kemudian 1, 3 hingga 6, untuk Level 1 adalah versi Mikrotik dapat digunakan secara gratis dengan fungsi-fungsi yang sangat terbatas. Tentunya setiap level memilki kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan harganya, Level 6 adalah level tertinggi dengan fungsi yang paling lengkap, Secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Level 0 (gratis); tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.
  • Level 1 (demo); pada level ini kamu dapat menggunakannya sbg fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.
  • Level 3; sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien.
  • Level 4; sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe akses poin.
  • Level 5; mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak.
  • Level 6; mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.
Demikianlah beberapa informasi tentang Apa itu Mikrotik? Pengertian Mikrotik & Penjelasannya. Jika teman-teman masih belum paham tentang apa itu Mikrotik karena baru belajar carilah referensi yang lian karena saya juga masih belajar juga, dan kalau ada kesalahan saya minta maaf. sampai jumpa diartikel selanjutnya
 




Share:

0 komentar