Training Mikrotik MTCNA | Day 1

 

Assalamualaikum Wr.Wb

Pada training mtcna mulai di laksanakan pada hari Jum'at 30 maret 2018,training mtcna di mulai dari jam 09.00 - 17.00 WIB  dan dilanjutkan pada malam hari sampai sekitar pukul 20.00 WIB yang di laksanakan di BLC Telkom Klaten.
kami mengikuti training MTCNA yang dibimbing oleh Trainer Ziad Sobri dan beliau mengajarkan kepada kami mulai dari pengenalan mikrotik sampai dengan konfigurasi dasar mikrotik. beberapa hal yang disampaikan oleh pak Ziad Sobri pada hari ini seperti : 

1.  sejarah mikrotik

mikrotik memeiliki arti "mikro" yang berarti kecil dan "tik" yang berarti  jaringan, jado dapat di simpulkan bahwa arti dari mikrotik sendiri adalah "jaringan kecil", mikrotik sendiri di ciptakan di negara kecil yang berlokasi di Latvia.  

2.  perangkat Routerboard

kami di beri pengetahuan dalam pemilihan mikrotik sesuai dengan yang di butuhkan dan memberi tahu kelebihan dan keterbatasan tipe-tipe dalam RouterBOARD.

3. keamanan mikrotik

keamanan diperlukan agar jaringan yang telah kita bangun tidak bisa di masuki oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, beberapa cara agar mikrotik menjadi llebih aman seperti : mengganti user default mikrotik, memberi password mikrotik, disable service yang tidak diperlukan,mengganti port default di service, dan masih banyak lagi

4. akses masuk ke mikrotik

ada beberapa cara agar kita bisa masuk ke mikrotik seperti menggunakan : ssh,winbox,webfig,telnet,mac telnet,mac winbox, dan yang lainnya.

5.  upgrade dan Downgrade Mikrotik

mikrotik selalu membuat pembaharuan untuk menutup bug atau bisa juga untuk membuat fitur baru yang belum ada sebelumnya 

6. disable service yang tidak diperlukan

beberapa service  mungkin tidak selau kita gunakan untuk membuat sebuah jaringan, hal yang dapat kita lakukan adalah mendisable service yang tidak diperlukan untuk menambah keamanan pada mikrotik

7. backup dan eksport mikrotik

jika mikrotik terjadi eror dan kita ingin mengembalikan konfigurasi yang telah kita buat sebelumnya, maka hal yang dapat kita lakukan adalah membackup terlebih dahulu konfigurasi yang telah kita buat agar saat mikrotik terjadi error maka kita dapat merestore kembali konfigurasi yang telah kita buat.

demikian yang dapat saya sampaikan mengenai training hari pertama di BLC TELKOM KLATEN bersama pak Ziad Sobri.


Wassalamualaikum.Wr.Wb

Share:

0 komentar