Pengertian OpenSID

Hasil gambar untuk opensid

  Assalamualaikum wr.wb

   Pada artikel kali ini, Saya akan memberikan informasi mengenai Sistem Informasi Desa Terbuka (OpenSID beserta fungsi dan manfaatnya.

A. PENGERTIAN

   Sistem Informasi Desa (SID) adalah sebuah platform teknologi informasi dan komunikasi yang berfungsi untuk mendukung pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa.

B. LATAR BELAKANG

   Pelayanan publik atau masyarakat khususnya di Desa, masih terasa kurang baik atau belum optimal. Dengan OpenSID, diharapkan pelayanan publik lebih baik dan kantor desa lebih akuntabel serta transparan.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

   Supaya lebih paham mengenai pengertian, fungsi, manfaat, dan tujuan dari OpenSID.

D. PEMBAHASAN

   OpenSID adalah sistem informasi desa yang sengaja dibuat supaya terbuka dan dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID.
    SID bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung dalam gerakan membangun kemandirian komunitas. Konsep pengelolaan sumber daya ini berada dalam payung besar gagasan Lumbung Komunitas yang dikelola oleh COMBINE Resource Institution.
   Dengan OpenSID, Pemerintah dan masyarakat khususnya di desa diharapkan dapat terbantu dalam beberapa hal sebagai berikut.
    a. Kantor desa lebih efisien dan efektif
    b. Pemerintah desa lebih transparan dan akuntabel
    c. Layanan publik lebih baik
    d. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa
   Diharapkan pula, OpenSID dapat membantu ke semua desa yang ada di Indonesia untuk memajukan perkembangan dan kemajuan desanya.
   Dengan OpenSID, Sistem Informasi Desa dapat berupa proses dan aplikasi yang:
    1. Berbasis komputer
    2. Dapat atau mampu mengelola informasi kantor desa
    3. Mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset dan anggaran, layanan publik, dsbnya.
   Peran dan manfaat dari adanya SID adalah sebagai berikut.
  - Kantor desa lebih efisien, karena mampu menyediakan layanan surat keterangan dengan lebih cepat serta data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat.
  - Kantor desa lebih efektif, karena data penduduk sudah tersimpan dan dapat dipilah secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan sehingga program desa dapat tepat sasaran.
  - Pemerintah desa lebih transparan, karena pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga.
  - Pemerintah desa lebih akuntabel, karena  informasi perencanaan seperti kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa dan sebagainya mudah diakses warga.
  - Layanan publik akan lebih baik, contohnya warga desa akan bisa memperoleh surat keterangan yang mereka butuhkan secara lebih cepat dan dengan data yang lebih akurat.
  - Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa, karena informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dan sejenisnya akan terekam secara elektronik.
  - Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa, karena warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan di desanya, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa.

E. KESIMPULAN

   OpenSID membantu pengguna khususnya perangkat desa dalam mengelola sistem informasi yang ada di desa, sehingga pelayanan informasi dan komunikasi di desa dapat berjalan lebih baik dan optimal lagi.

Cukup sekian artikel mengenai Sistem Informasi Desa Terbuka (OpenSID) yang dapat Saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi Diri Anda dan Diri Saya pribadi.
   
Wassalamualaikum wr.wb

Referensi
  - https://github.com/OpenSID/OpenSID






 

Share:

0 komentar