Training Mikrotik MTCNA Final EXAM | Day 3

 

Assalamualaikum wr.wb

Melanjutkan hari kemarin training MTCNA yang di laksanakan pada hari minggu, dimana hari ini adalah hari terakhir untuk mengikuti ujian training yang dilaksanakan di BLC dan ditutup dengan exam atau ujian untuk mendapatkan sertifikat. sebelum di laksanakannya exam kami masih diberikan materi dan lab melanjutkan hari kemarin yang beberapa materinya sebagai berikut :)
  •     firewall
karena kemarin kami baru memeperoleh materi firewall dasar dan baru di jelasakan cara kerja firewall, maka untuk hari ini kami melakukan konfigurasi untuk keamanan dan bentuk perlindungan yang dilakukan oleh mirktoik.

  •     QOS
materi selanjutnya yang kami pelajari adlah manajemen bandwidth atau biasa di sebut dengan QOS.

  •     pptp
merupakan suatu protokol jaringan yang memungkinkan pengiriman data secara aman dari remote client kepada server perusahaan swasta dengan membuat suatu virtual private network (VPN) melalui jaringan data berbasis TCP/IP.

  •     pppoe
merupakan protokol jaringan untuk mengenkapsulasi Point-to-Point Protocol (PPP) frame dalam frame Ethernet. Hal ini digunakan terutama dengan layanan DSL di mana pengguna individu terhubung ke modem DSL over Ethernet dan di dataran jaringan Ethernet Metro

  •     sstp
merupakan sebuah PPP Tunnel dengan TLS 1.0 Channel. Fitur ini berjalan pada protokol TCP dan Port 443. Supaya dapat memanfaatkan SSTP secara optimal dengan keamanan yang baik, kita diharuskan menambahkan sertifikat SSL untuk koneksi antara server dan client.


Setelah itu kami secara bergantian (kelompok) mengikuti ujian MTCNA yang di mulai dari jam 19.00-selesai.  Kemudian saya mengikuti ujian gelombang ke-3 yang dilaksanakan pada  pada jam 20.30 WIB, saya dan diberi waktu 1 jam saja untuk mengerjakan 25 soal yang terdiri dari one choice,multiple choice, dan true or false . Dan semua soal itu menggunakan bahasa inggris yang membuat saya cukup pusing.

Tetapi alhamdulillah saya, dapat lulus dan mendapatkan sertifikat walaupun hasilnya kurang memuaskan  :)





 
Cukup sekian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga kita semua selalu diberikan kemudahan dan kesehatan dari Allah SWT.



Wassalamualaikum Wr.Wb

Share:

0 komentar