Trainng Mikrotik MTCRE | Day 1

 

Assalamualaikum wr.wb

Setelah selesai training MTCNA selesai dan diakhiri ujian MTCNA, Agenda pada hari ini adalah training MTCRE. Training MTCRE ini dilaksanakan di BLC Telkom Klaten bersama Bapak Ziad Sobri, training mtcre mulai di laksanakan pada hari senin 2 maret 2018,training mtcna di mulai dari jam 09.00 - 17.00 WIB.

Kami mengikuti training MTCNA yang dibimbing oleh Trainer Ziad Sobri dan beliau mengajarkan kepada kami mulai dari pengenalan routing sampai dengan konfigurasi dasar routing dynamic. beberapa hal yang saya dapat pada hari ini sepert :)
  •  pengenalan routing
dalam pembahasan yang pertama, kami di berikan materi apa itu routing, kegunaan dari routing, cara kerja routing, dan apa saja jenis routing. pak ziad sobri menjelaskan kepada kami secara lengkap mengenai routing dan memberikan lab kepada kami untuk membuktikan apa yang telah ia jelaskan mengenai routing. dalam lab ini kami disuruh untuk membuat routing static 4 router dengan router 1 bisa ping router 3 namun tidak untuk sebaliknya. dalam lab ini pak ziad sobri menyarankan kepada kami untuk menggunakan command line/cli atau bisa juga menggunakan virtualisasi seperti gns3.
  • pengenalan routing static
Static routing (Routing Statis) adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statik yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan. Routing static pengaturan routing paling sederhana yang dapat dilakukan pada jaringan komputer.  Menggunakan routing statik murni dalam sebuah jaringan berarti mengisi setiap entri dalam  forwarding  table  di  setiap router yang berada di jaringan tersebut.
  • pengenalan routing Dynamic
kami di berikan materi lanjutan mengenai routing berupa dynamic routing. beberapa contoh dari dynamic routing seperti: IGRP, EIGRP, RIP, OSPF, IS-IS, BGP. dalam pembahasan kali ini pak ziad sobri menjelaskan kepada kami mengenai apa itu routing dynamic, perbedaan routing dynamic dengan static, cara kerja routing dynamic,penggunaan routing dynamc,  dan kelebihan menggunakan routing dynamic.
  • ECMP
ECMP merupakan salah satu fitur mikrotik yang memungkinkan kita menambahkan lebih dari satu router gateway untuk satu tujuan 
  • dasar ospf routing
pada lab selanjutnya kami masih diberikan materi dasar mengenai routing dynamic namun dengan menggunakan metode ospf (open shortest path first) , kemudian kami disuruh pak ziad sobri untuk membuat routing dynamic dengan menggunakan metode ospf.

Demikian yang dapat saya sampaikan


Wassalamualaikum Wr.Wb 


Share:

0 komentar