Install aplikasi wine dengan terminal di linux mint

Assalamualaikum wr.wb
Hari ini saya akan berbagi tentang cara menginstall wine menggunakan terminal linux mint, sebenarnya wine bisa diinstall melalui software manager, jika diinstall terjadi eror pada dpkg maka saya menggunakan terminal.



PENGERTIAN

Wine adalah sebuah alat atau software yg digunakan untuk menjalankan program windows untuk linux. software ini sangat berguna sekali ketika anda kangen menggunakan program windows tetapi kalian memakai linux.

LATAR BELAKANG

Latar belakang saya menginstall wine adalah karena saya kepingin menginstall winbox untuk menyetting konfigurasi mikrotik yang aplikasinya hanya dapat diinstall pada sistem operasi windows, dan wine dapat digunakan mengnstall program-program windows.

MAKSUD DAN TUJUAN

Agar user yang mengalami sebuah eror dan user tersebut kepingin belajar mikrotik dan supaya tidak perlu mencari referensi untuk memecahkan masalah pada dpkg.


PELAKSANAAN

  • Pertama masukan perintah sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa untuk menambahkan repositorynya.
  • Kemudian update repositorynya dengan mengetik sudo apt-get update






  • Jika sudah tinggal menginstallnya dengan sudo apt-get install -y wine1.8, jika tidak bisa diinstall biasanya akan muncul di pc/laptop yang bisa diinstall tinggal ganti versi yang disarankan
  • jika sudah maka hasilnya seperti ini
  • setelah selesai masuk ke home lalu buka configure wine dan akan muncul tampilan seperti ini
  • Tinggal kalian pilih os yang diinginkan lalu klik apply>ok kemudian tunggu downloading hingga selesai.
HASIL YANG DIDAPATKAN

saya bisa membuka winbox.exe yang merupakan program software di windows 

KESIMPULAN

Dengan di installnya wine kita bisa membuka aplikasi dari windows tetapi hanya beberapa yang bisa digunakan maupun dijalankan karena takutnya bisa membawa viruz yang menyebabkan komputer menjadi lambat.
Demikian sedikit yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb 

Tags:

Share:

0 komentar