Mempercantik tampilan terminal dengan figlet dan cowsay

ketika kita menggunakan sistem operasi linux, banyak hal yang unik yang bisa kita lakukan bahkan hanya bermain-main console di terminal sekalipun, Nah pada artiel kali ini membahas tentang cara mempercantik tampilan terminal linux dengan figlet dan cowsay.
 




PENGERTIAN

Figlet adalah sebuah program yang bisa menampilan tulisan berbentuk ASCII pada terminal linux atau program yang menghasilkan teks spanduk, nama ini berasal dari "Frank, Ian dan Glenn huruf", sedangkan cowsay adalah program yang bisa menampilkan karakter hewan dalam format ASCII juga pada terminal.
secara umum keduanya berfunsi mempercantik terminal agar terlihat lebih keren dan bahkan mengesankan dan juga enak dipandang.

PELAKSANAAN

1.Jika linux anda masih baru dan dalam repository belum ada figlet dan cowsay saya sarankan untuk mengupdate terlebih dahulu repository anda, jika sudah ada maka anda langsung menginstallnya saja, berikut adalah langkahnya :


agar anda bisa menggunakan figlet dan cowsay silakan ketikan perintah berikut ini untuk menginstallnya diterminal.

$ sudo apt-get install figlet
$ sudo apt-get install cowsay

2.Setelah berhasil diinstall anda harus mengedit file .bashrc yang berada didirektori $HOME agar ketika kita membuka terminal figlet dan cowsay akan otomatis muncul.

$ sudo gedit .bashrc  atau 
$ nano .bashrc

maka akan muncul tapilan seperti ini


3.Kalau file .bashrc sudah terbuka tabmbahkan script berikut dibagian paling bawah


cowsay -f dragon "UBUNTU | Linux For Human Being"
figlet -f shadow "(nama kalian)"

4.Kalau sudah ditambahkan silakan disave dan close file .bashrc, caranya CTRL+X>Y>ENTER, kemudian buka kembali terminalnya maka tapilanya seperti ini, namun gambarnya punya saya sudah saya ubah.


 sudah sejauh ini figlet dan cowsaynya sudah berhasil diinstall dan dicustomisasi, banyak gambar dan font yang tersedia sobat bisa melihat isi direktorinya figlet dan cowsay.



5.Untuk melihat font figletnya sobat bisa melihat didirektori

$ cd/usr/share/figlet

6.Sedangkan untuk gambar cowsaynya sobat bisa melihatnya di

$ cd/usr/share/cowsay/cows


cukup sampai disini ya sob tutorialnya, silakan sobat berkreasi dan eksplorasi sendiri agar sobat betah bermain-main dengan terminal linux, mohon maff kalau ada kesalahan penulisan kata, semoga bisa membantu sobat yang suka ngoprek linux,    sampai jumpa       :)




Tags:

Share:

2 komentar