Pengenalan internet sehat di BLC TELKOM


Assalamualaikum wr.wb
Oke kali ini saya akan berbagi ilmu yang saya dapatkan pada hari sabtu tanggal 17 Februari 2018 yaitu tentang pengenalan internet sehat bagi kita semua agar kita dapat menggunakan jejaring sosial atau media sosial dengan bijak dan benar.

A.PENGERTIAN

Internet sehat adalah suatu program dari pemerintah indonesia yang dicanangkan oleh kementrian komunikasi dan informatika indonesia (kemkominfo) dengan tujuan untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.
Penyelenggaraan program INSAN dalam bentuk road show dan forum diskusi. Media yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi INSAN antara lain tatap muka, internet, televisi, radio, media cetak, media luar ruang dan animasi.

B.LATAR BELAKANG

Dengan jumlah pengguna internet diIndonesia mencapai 82 juta orang  maka sangat diperlukan edukasi yang tepat mengenai internet itu sendiri. Pengaruh konten negatif diIndonesia berupa pornografi, perjudian ,penipuan, pelecehan, cyberbullying dan kejahatan dunia maya menjadikan alasan mengapa harus memperkenalkan internet yang baik dan sehat untuk dapat mengatasi bahaya yang mengancam dan konten negatif yang ada.

C.MAKSUD DAN TUJUAN

Proses edukasi yang memberikan pemahaman yang cukup mengenai penggunaan internet secara bijak sehingga memaksimalkan dampak positif dan meminimalkan dampak negatifnya, sehingga terciptanya masyarakat yng cerdas dan produktif.

D.PEMBAHASAN

Pemakaian konten dari internet sehat bersifat terbuka tanpa dikenakan biaya berdasarkan pendekatan lisensi creative commons. penggunaan dari konten internet sehat dapat bersifat pribadi maupun badan hukum. penggunaan dari internet sehat akan terus diijinkan selama tidak melanggar ketentuan yang berlaku. internet sehat mulai dikenalkan oleh Donny B.U di kalangan internasional pada internet ini memilik kebebasan berekspresi berekspresi di internet secara aman dan bijak dalam pengenalan internet ini digabungkan dengan media offline meliputi workshop, seminar, dan dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. internet sehat sehat dicanagkan dan dijalankan oleh ICT Watch sejak 2002 hadir untuk "mengedepankan kebebasan berekspresi diinternet secara aman (safely) dan bijak (wisely), dengan pendekatan self-cencorship dan pemberdayaan masyarakat." dalam kegiatan internet sehat selalu menanamkan semangat untuk partisipasi dari masyarakat luas. kerjasama internet sehat selalu berhubungan dengan berbagai kalangan masyarakat.

Tips internet sehat dan aman :
  • Tempatkan internet ditempat terbuka
  • Jangan menaggapi e-mail dari orang yang tidak dikenal
  • Segera tinggalkan atau keluar dari situs luar yang tidak pantas 
  • jangan menanggapi ajakan pertemuan langsung 
  • jangan memberikan data pribadi dan keluarga, alamat rumah, kantor sekolah, nomor telepon, tanggal lahir atau password dan data diri kepada orang lain ataupun saat mengisi data diri pada situs personal
  • manfaatkan internet untuk keperluan belajar 
  • gunakan software proteksi (firewall, anti virus, dan lain-lain) dan filter.
  • gunakan browser khusus 
mungkin itu yang bisa saya sampaikan tentang pengenalan internet sehat bagi anda semuanya agar dapat memanfaatkan internet dengan baik dan bijak yang digunakan untuk hal yang bermanfaat bagi anda maupun kalangan orang banyak, sekian dari saya bila ada salah kata saya mohon maaf.


TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANYA
SAMPAI KETEMU DI ARTIKEL SAYA SELANJUTNAYA


Wassalamualaikum wr.wb


REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Sehat_dan_Aman

Tags:

Share:

0 komentar