Macam-macam kabel jaringan komputer

Oke guys kembali lagi dengan saya RAGIL SETYAWAN !!!!
dalam kesempatan kali ini saya akan kemballi membahas topik yang ringan yaitu tentang macam-macam kabel jaringan komputer, namun yang akan saya bahas ini cuma beberapa saja dari sekian banyak macam kabel jaringan.


A.PENGERTIAN KABEL JARINGAN

Kabel jaringan komputer adalah salah satu perangkat keras komputer berupa kabel yang dirancang khusus dengan kriteria tertentu, serta memiliki peran penting karena bertugas sebagai penghubung dengan karakteristik yang dikategorikan sebagai media transmisi terarah (guieded/wireline) dalam suatu jaringan komputer, Adapun maksud dari sebutan ‘media transmisi terarah (guieded/wireline) disini yaitu sebuah kondisi dimana gelombang elektromagnetik yang digunakan dipandu sepanjang fisik, yang diwujudkan dengan menggunakan kabel.


B.FUNGSI KABEL JARINGAN

Fungsi dari kabel jaringan itu sendiri yaitu sebagai media untuk mentransmisikan data yang diperoleh dari server, menuju komputer user atau client dengan mengandalkan konektivitas dari kabel. dengan adanya kabel jaringan ini maka sebuah jaringan dapat dibangun hanya dengan mengoneksikan kabel dan perangkat keras jaringan lainya. Tentu saja, penggunaan kabel jaringan harus juga didukung oleh berbagai macam perangkat keras jaringan yang memadai dan juga berkualitas, agar nantinya proses transfer dan transmisi data menjadi lebih baik lagi dan juga tidak mengalami gangguan.


C.JENIS-JENIS KABEL JARINGAN KOMPUTER

Dalam penggunaanya kabel jaringan terdiri dari beberapa tipe yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, setidaknya ada tiga macam tupe kabel yang masuk dalam kategori kabel jaringan komputer. untuk memahami apa saja yang termasuk jenis kabel jaringan komputer termasuk bagaimana kritera dan penggunaanya,berikut alasan lengkapnya.

1.Kabel Coaxial
yaitu kabel yang terdiri dari dua pengahantar diamana salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikeliling oleh penghantar satunya lagi dengan pola melingkar. Prinsip kerja Coaxial dengan cara menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Saat ini kabel jenis Coaxial sudah mulai ditinggalkan karena port untuk konektor BNC yang dipakai sudah jarang ditemukan pada perangkat komputer atau perangkat jaringan seperti switch dan router. Instalasi jaringan denga kabel coaxial sulit dan butuh keahlian esktra terutama dalam membuat atau memasang konektor.

Dalam penggunaannya di dalam jaringan, kabel coaxial saat ini sudah tergantikan oleh fungsi kabel Twisted Pair yang akan dibahas setelah ini. Biasanya, kabel coaxial ini digunakan pada jenis jaringan yang memilki topologi jaringan bus dan juga topologi ring. Penggunaan dari kabel coaxial yang sudah jarang digunakan ini tidak lain merupakan konsekuensi dari beberapa kelemahan yang dimilki oleh kabel coaxial itu sendiri.
2.Kabel Twisted Pair
Merupakan kabel yang didalamnya terdiri atas beberapa kabel yang berpasangan. sama seperti kabel coaxial yang cara kerjanya yang menghantarkan sinyal atau arus listrik ketempat tujuanya. Kabel twisted pair ini terbagi atas jenis, yaitu STP (Shielded Twisted Pair) dan UTP (Unshielded Twisted Pair). STP adalah kabel yang memiliki selubung pembungkus tembaga/alumunium foil yang khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik. UTP adalah kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel terpilin mirip kabel telepon.
  •  UTP (unshielded twisted pair)
 Kabel UTP dalam aplikasinya tidak mendukung sebuah perlindungan atau proteksi dari kumpulan spiralnya. Karena tidak memilki perlindungan apapun pada bagian kabelnya, maka kabel jenis UTP ini memiliki kelemahan utama, yaitu sangat rentan dan juga sensitive terhadap voltase tinggi dan juga medan magnet. Kabel UTP banyak digunakan pada kabel jaringan telepon, dan juga jaringan LAN kecil (baca : Urutan kabel straight dan cross)
  • FTP (foil twisted pair)
FTP memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP, karena lapisan kabelnya dilindungi oleh semacam foil, sehingga hal ini membuat kabel jenis FTP memiliiki ketahanan yang lebih baik terhadap noise dan gangguan magnetic dibandingkan dengan kabel UTP


  • STP (shielded twisted pair)
Hampir sama dengan kabel FTP, kabel STP juga memiliki perlindungan di dalam lapisan kabelnya. Yang membedakan hanyalah bahan yang digunakan untuk melapisi susunan kabel twisted pairnya. STP juga memiliki kemampuan yang baik dalam menangkal noise dan gangguan magnetic.

3.Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik ini tebuat dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis. Karena terbuat dari kaca, sinyal yang dikirim oleh FO ini berupa cahaya dari sumber ke tujuan. Makanya tidak heran bila transmisi kabel ini lebih cepat dibandingkan dengan dua kabel sebelumnya. Salah satu kelemahan kabel ini adalah gangguan (noise) yang sering terjadi apabila tertekuk walaupun hanya sedikit.

Pada awalnya, kabel fiber optik hanya digunakan untuk keperluan khusus, seperti penggunaan pada jaringan backbone pada suatu perusahaan besar. Namun lama kelamaan, jaringan dengan menggunakan fiber optic menjadi semakin populer dan digunakan untuk keperluan jaringan secara umum, bahkan saat ini jaringan internet di rumah anda pun sudah banyak yang mendukung konektivitas menggunakan fiber optic

anda baru saja telah membaca artikel yang berjudul (macam-macam kabel jaringan komputer), namun apabila ada kesalahan saya minta maaf, semoga bermanfaat.......!!!!!!

 

Tags:

Share:

0 komentar