Sistem operasi linux


Sebelumnya sudah dijelaskan apa itu sistem operasi dan macam-macamnya termasuk sistem operasi Linux, dan kali ini saya akan menjelaskan sejarah serta
perkembangan sistem operasi Linux.

Apa itu Linux? Linux adalah nama yang diberikan kepada sebuah sistem operasi komputer yang bertipe UNIX. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama lainya pada umumnya, source code-nya dapat dimodifikasi, dan didistribusikan secara bebas oleh siapa saja. Kata “Linux” sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet dan komunitas mahasiswa yang memiliki hobi untuk mencoba software-software baru. Secara singkat linux bisa dikatakan sebagai satu sistem operasi yang bersifat Multi User dan Multi Tasking. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Aplle dan Microsoft.


A.SEJARAH LINUX

sistem operasi unix dikembangkan pada tahun 1960-an dan dirilis pertama kalinya pada tahun 1970-an. faktor  ketersediaanya dan kompatibilitasnya yang tinggi sehingga dapat digunakan, disalin, dan dimodifikasi secara luas. linux pertamakali dibuat oleh Linus Torvalds diuniversitas Helsinki, finlandia yang kemudian dikembangkangkan dengan bantuan Hacker UNIX diseluruh dunia. kernel yang digunakan sama-sama kernel linux.+ yang membedakan adalah paket aplikasi yang disertakan didalamnya serta sistem penyusunya dan stylenya.
Nama Linux sendiri di ambil dari nama pencipta awalnya, Linus Torvalds
yang sebetulnya mengacu pada sesuatu kumpulan software lengkap yang bersama-sama dengan kernel menyusun satu sistem operasi yang lengkap. Perkembangan linux berawal dari proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991, kemudian tanggal 5 Oktober 1991 Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang dapat menjalankan shell bash.


B.PERBEDAAN LINUX DENGAN SISTEM OPERASI LAINYA

Salah satu yang menjadi pembeda Linux dengan sistem operasi lainnya adalah Linux GRATIS, berarti dapat didistribusikan dan diperbanyak kembali tanpa harus membayar fee atau royalty kepada seseorang, tetapi banyak juga program yang free tapi belum tentu open source.Linux tersedia secara bebas di internet yang bisa di unduh oleh siapa saja, berbagai vendor telah membuat suatu paket distribusi yang dianggap sebagai berbagai versi kemasan Linux. Paket ini termasuk lingkungan Linux lengkap, perangkat lunak untuk instalasi, dan mungkin perangkat lunak khusus, dan dukungan khusus.
Mungkin untuk kedepannya Linux bisa menjadi sistem operasi yang sangat diperlukan oleh semua orang, bahkan untuk menjadi sistem operasi masa depan. Berikut ini adalah beberapa alasan yang dapat mempertimbangkan Linux sebagai sistem operasi masa depan. Inilah pertimbangan yang dijadikan acuan bahwa Linux bisa menjadi sistem operasi masa depan.
  1. Linux Gratis
  2. Linux siap pakai
  3. Linux mudah diinstall
  4. Linux Multitasking
  5. Linux Multi User
  6. Linux handal
  7. Linux Fleksibel
  8. Linux Kompatibel
  9. Linux aman
  10. Linux bebas

C.BAGIAN PENTING KERNEL LINUX 

Kernel linux terdiriri dari beberapa bagaian penting diantaranaya: manajmen proses, manajemen memori, hardware sistem drives, file drives, manajemen jaringan dan lain-lain. bagian yang paling penting yaitu manajemen proses dan manajemen memori, manajemen memori berperan penting dalam pemakaian memeori serta swap area. manajemen proses menangani pada proses-proses dan penjadwalan proses.

D.DISTRO LINUX

  • ubuntu
  • opensuse
  • fedora
  • backtrack
  • mandriva
  • slackware
  • debian 
  • xandros
  • centos 
  • redhat
  • knoppix
  • dll

E.KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LINUX

Kelebihan:
  • Pada dasarnya semua data tersimpan di dalam harddisk walau ada beberapa kondisi dimana data tersimpan di disket. Linux/UNIX memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti kita mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.
  • Ketika program dijalankan, program tersebut dijalankan dari harddisk ke dalam RAM dan setelah dijalankan akan dinamakan sebagai proses.
  • Linux/UNIX menyediakan servis untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file
  • Linux/UNIX mendukung struktur file yang bersifat hirarki.
  • Linux/UNIX adalah salah satu sistem operasi yang termasuk ke dalam kelas sistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking sendiri adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan
Kekurangan:
  • Awalnya OS Linux yang agak sulit untuk dipelajari terutama bagi yang tidak mempunyai dasar komputer yang kuat (namun sekarang lebih mudah).
  • aplikasi yang tersedia belum sebanyak windows.
  • OS Linux versi lama tidak sepenuhnya GUI (Graphical User Interface) meskipun sudah menggunakan X-windows seperti GNOME dan KDE. Namanama paket program antara distro satu dengan distro lainnya berbeda beda. Seperti paket Yaz.tar.gz.rpm.krpm.deb dan lain -lain.
nah saya telah menulis artikel tentang pengertian linux bagi sobat semua yang belum mengetahui tentang "sistem operasi linux" yang mungkin masih asing dengan sistem operasi tersebut, karena dalam masyarakat biasa tentu lebih banyak yang mengunakan windows yang lebih populer, dan sekilas tentang pembahasan tentang sistem operasi linux semoga bermanfaat bagi teman-teman semua dan menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih, dan yang sebelumnya belum tau tentang linux menjadi lebih tau, dan selanjutnya sampai berjumpa pada artikel terkait selanjutnya.
Terimma kasih atas kunjunganya..........!!!!!!!!

Tags:

Share:

0 komentar