Tutorial Instalasi WordPress di Localhost Linux Mint


 Untuk artikel saya kali ini, akan memberikan informasi dan tutorial Instalasi WordPress di Localhost Linux Mint.

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL.

Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.
 

PEMBAHASAN 

Pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi web server yakni LAMPP sudah terinstall atau terpasang di komputer atau server Anda, Dan pastikan pula bahwa Anda sudah memiliki CMS Wordpress, file berekstensi *zip tersebut dapat Anda download di link berikut https://wordpress.org/download/, Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Jalankan terminal Linux Anda, kemudian masuk ke direktori tempat file CMS Wordpress berada.
  2. Pindahkan CMS Wordpress berbentuk *zip ke direktori /var/www/html dengan perintah cp <nama_cms.zip> /var/www/html
  3. kemudian masuk ke direktori /var/www/html dengan perintah cd /var/www/html, lalu masukan perintah ls untuk melihat isi direktori.

  4. Ekstrak wordpress.zip dengan perintah unzip <nama_cms.zip>
  5. Masuk ke direktori wordpress dengan perintah cd <nama_direktori>
  6. Saat di dalam direktori wordpress, ubah nama file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php dengan perintah mv <nama_lama> <nama_baru>
  7. Edit file wp-config.php dengan perintah nano wp-config.php
  8. Isikan username dan password dari phpMyAdmin Anda dan nama database untuk wordpress Anda. Kemudian simpan dengan tekan CTRL + O lalu CTRL + X dan tekan 'Enter'  



 

  9. Masuk ke phpMyAdmin lewat browser di Laptop / PC, dan buat database baru dengan nama yang ditentukan tadi dengan klik new -> masukan nama database -> create 
 

  
10. Buka tab browser baru, masukan localhost/wordpress/ di kolom pencarian dan tekan 'Enter', maka akan muncul welcome page dari Wordpress. Isikan nama dari situs wordpress Anda, beserta username dan password Anda untuk login nantinya serta isikan pula alamat email Anda. Kemudian klik tombol 'Install WordPress' untuk memulai instalasi.


 
 11. Saat instalasi selesai, akan muncul halaman berikut. Klik tombol 'Log In', untuk masuk ke situs WordPress Anda.

  12. Masukan username dan password dari akun WordPress Anda, klik 'Log In'



  13. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman Dashboard dari WordPress Anda. Disini Anda bisa menyetting situs WordPress Anda, dan instalasi WordPress sudah berhasil.


 
KESIMPULAN 

WordPress memiliki banyak keuntungan yang diberikan kepada pengguna antara lain gratis, mudah dioperasikan, multi user, template blog sesuai keinginan, berbasis sumber terbuka (Open Source), dan lain-lain.
Sekian informasi dan tutorial Instalasi WordPress di Localhost Linux Mint, semoga bermanfaat bagi diri Anda dan diri Saya pribadi. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di Blog sederhana ini.
 

  
Referensi
  - https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-install-wordpress-with-lamp-on-ubuntu-16-04

Share:

0 komentar