Tutorial Instalasi Monitorix di Debian Server


Assalamualaikum wr.wb
Artikel kali ini, akan memberikan informasi dan tutorial Instalasi Monitorix di Debian Server.

Monitorix adalah aplikasi berbasis sumber terbuka (Open Source) yang memungkinkan pengguna untuk memantau layanan dan sumber daya sistem sebanyak mungkin. Monitorix dibuat untuk digunakan di bawah produksi Linux / UNIX server, namun karena kesederhanaan dan ukurannya yang kecil serta ringan, Monitorix dapat digunakan pada perangkat embedded pula.

Saat membangun dan merawat sebuah server, Kita perlu memantau layanan dan sumber daya sistem yang bekerja pada server kita. Oleh karena itulah, Kita dapat menggunakan Monitorix sebagai jalan keluarnya.

 PEMBAHASAN

Tahap instalasi Monitorix di Debian Server itu tergolong mudah dan cepat, berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk sebagai Super User / Root, Install beberapa kebutuhan / depensi dari aplikasi Monitorix dengan memasukan perintah berikut.

       # apt-get install rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-ssl-perl



  2. Pastikan server sudah mendapat koneksi internet, kemudian download packages Monitorix dengan perintah berikut.

       # wget http://www.monitorix.org/monitorix_3.10.1-izzy1_all.deb


  3. Install packages Monitorix.deb dengan perintah berikut.

       # dpkg -i monitorix_3.10.1-izzy1_all.deb



  4. Jika terjadi Error, jalankan perintah berikut.

       # apt-get install -f 
 
  5. Remote akses server dengan Laptop Anda, kemudian jalankan Browser di Laptop. Akses ke http://ip_server_anda:8080/monitorix, contohnya seperti pada server Saya di http://192.168.1.1:8080/monitorix
 
  6. Akan muncul tampilan home dari Monitorix, pilih sesuai kebutuhan Anda lalu klik tombol 'Ok' 

 
 
   7. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman full monitoring dari Monitorix. Disini, Anda dapat melihat grafik dari sumber daya sistem maupun layanan yang berjalan pada Server Anda.
 
 
G. KESIMPULAN

Seperti namanya, Monitorix berfungsi sebagai aplikasi monitor untuk memonitoring atau memantau jalannya layanan dan sumber daya dari Server Anda.

   Sekian informasi dan tutorial Instalasi Monitorix di Debian Server, semoga bermanfaat bagi diri Anda dan diri Saya pribadi. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di Blog sederhana ini.


Referensi
  - Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf
 

Share:

0 komentar