Training MTCRE Final EXAM | Day 2


Assalamualaikum wr.wb

Melanjutkan training yang di laksanakan di BLC tentang MTCRE kemarin, saya bersama teman-teman mengikuti materi lanjutan yang di berikan oleh  pak ziad sobri dan melaksanakan lab sesuai dengan materi yang telah di berikan.kami memulai training dari jam 09.00 sampai selesai dengan akhir acara ditutup dengan exam atau ujian.

beberapa acara yang kami ikuti hari ini seperti :)

  •     review tentang routing dynamic
Router dynamic adalah router yang me-rutekan jalur yang dibentuk secara otomatis oleh router itu sendiri sesuai dengan konfigurasi yang dibuat. Jika ada perubahan topologi antar jaringan, router otomatis akan membuat routing yang baru. beberapa contoh dari routing dynamic seperti :RIP, IGRP, OSPF, dan EIGRP. untuk lebih jelas mengenai kegiatan yang telah kami lakukan pada hari ini silahkan baca yang ada di bawah ini.
  •  routing RIP
merupakan protokol routing dinamis yang digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Oleh karena itu protokol ini diklasifikasikan sebagai Interior Gateway Protocol (IGP)
  •  routing ospf
merupakan sebuah protokol routing otomatis (Dynamic Routing) yang mampu menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis.
  •  OSPF Redistribute Type
pada ospf Redistribute type memiliki beberapa jenis/tipe yaitu as-type-1 (keputusan remote routing network dilakukan berdasarkan jumlah dari external and internal metrics), as-type-2 (keputusan remote routing network hanya dilakukan berdasarkan external metrics (internal metrics tidak diperhitungkan)
  • tunnel
pada lab ini kami dijelaskan beberapa tunnel dan memebuat konfigurasi tunnel eoip dan ipip untuk menghubung 3 router mikrotik.
  •  vlan
Virtual Local Area Network (VLAN) adalah metode untuk menciptakan jaringan-jaringan yang secara logika tersusun sendiri-sendiri. VLAN sendiri berada dalam jaringan Local Area Network (LAN), sehingga dalam jaringan (LAN) bisa terdapat satu atau lebih VLAN.
  •     tool mikrotik
kami diberikan penjelasan mengenai tool-tool yang ada di mikrotik mulai dari ping,traceroute,dan masih banyak lagi.

kemudian di akhir acara kami melaksanakan exam atau ujian MTCRE yang dilaksanakan pada pukul 19.00-selesai, dengan hasil kelulusan sebanyak 39 peserta dari 61.


Tetapi alhamdulillah di kesempatan ujian kali ini saya dapat lulus dan mendapatkan sertifikat. dan ini merupakan kado yang sangat berharga, dapat lulus MTCNA & MTCRE  :)

 

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat.


Wassalamualaikum wr. wb.
 

Share:

0 komentar