Tutorial Instalasi Webmin di Debian Server



 


 Assalamualaikum wr.wb
   Artikel kali ini, akan memberikan informasi dan tutorial Instalasi Webmin di Debian Server.

Webmin adalah antarmuka berbasis web untuk administrasi sistem berbasis Unix yang dijalankan menggunakan browser web yang modern. Webmin memungkinkan administrator sistem untuk mengatur account pengguna, DNS, file sharing,  kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan menggunakan aplikasi open source, seperti Apache HTTP Server, PHP atau MySQL.
  
Saat membangun dan merawat sebuah server, Kita perlu memantau dan mengolah layanan serta sumber daya sistem yang bekerja pada server kita. Oleh karena itulah, Kita dapat menggunakan Webmin sebagai jalan keluarnya.
 
Pembahasan

Tahap instalasi Webmin ini hampir sama dengan Monitorix, berikut langkah-langkahnya.  

1. Pastikan Anda sudah berada dalam mode Super User, kemudian masukan sources dari Webmin di file sources.list dengan perintah berikut, kemudian save.
      # nano /etc/apt/sources.list
   Masukan sources Webmin:
   deb http://download.webmin.com/download/repository sarge contrib
   deb http://webmin.mirror.somersettechsolutions.co.uk/repository sarge contrib
2. Download GPG key dari Webmin dengan perintah berikut.
      # wget http://www.webmin.com/jcameron-key.asc
  
3. Tambahkan key webmin ke dalam Apt dengan perintah.
      # apt-key add jcameron-key.asc

4. Install Webmin dengan perintah berikut, masukan pula DVD yang diperlukan saat proses instalasi.
      # apt-get install webmin -y
 
5. Saat proses instalasi selesai, remote akses server dan jalankan browser.exe. Akses control panel dari Webmin dengan URL https://ip_address_server:10000, maka akan muncul pesan keamanan berikut.
   Klik Advanced -> Add Exception -> Confirm Security Exception.
 

  6. Tunggu beberapa saat maka akan muncul halaman login dari Webmin untuk Control Panel server Anda. Isikan username dan password dari root user server Anda, kemudian klik 'Sign in'
 
  7. Kemudian Anda akan dialihkan ke halaman control panel dari Server Anda, tandanya Webmin sudah selesai diinstal dan siap digunakan.
 G. Kesimpulan 
 
Fungsi Webmin sama halnya dengan Monitorix, yang membedakan adalah Webmin lebih user-friendly dan mudah digunakan karena tampilan dan fiturnya yang lumayan lengkap untuk digunakan sebagai aplikasi administrasi server.
 

 Referensi
  - Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf

   Sekian informasi dan tutorial Instalasi Webmin di Debian Server, semoga bermanfaat bagi diri Anda dan diri Saya pribadi. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di Blog sederhana ini.



Share:

0 komentar